recent post

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Thursday, September 22, 2011

PRESESI

Sebelum kita mulai membicarakan presesi, marilah kita putar sebuah gasing. Dalam keadaan hampir berhenti sambil berputar, gasing itu bergoyang-giyang pada bidang tempatnya berputar, berputar mengelilingi garis vertikal.

Sumbu bumu tegak lurus pada bidang ekuator. Tegak lurus pada bidang ekliptika juga terdapat sumbu ekliptika. Seperti bidang ekuator dengan bodang ekliptika sumbu bumi dengan sumbu ekliptika juga membentuk sudut-sudut 23,5 derajat.

Dengan kemiringan demikian itu, sumbu bumi pada tahun 1950-an menunjuk tepat ke bintang Polaris. Pada waktu itu letak bintang Polaris tepat di atas kutub utara bumi, yaitu pada titik kutub langit utara.

Sumbu ekliptika menembus langit di belahan Utara pada suatu titik 23,5 derajat dari bintang Polaris, di tengah-tengah antara bintang Polaris dengan bintang Vega (pada rasi bintang Lira).


Pada kira-kira 3000 tahun lalu, KLU tidak terletak pada bintang Polaris, tetapi pada bintang Aplha-Draconis, sebiah bintang pada rasi Draco. Pada kira-kira tahun 1950 KLU tepat pada bintang Polaris. Ternyata arah putarannya positif.

Memang sumbu bumi bergerak seperti goyangan gasing mengelilingi sumbu ekliptika dengan arah positif. Gerakannya itu lamban sekali, satu putaran memakan 26000 tahun. Jadi jika sekarang KLU dekat bintang Polaris 13.000 tahun yang akan datang, KLU akan bergerak sampai ke bintang Vega dan setelah 26000 tahun, KLU kembali ke bintang Polaris.

Akibat presesi itu, arah kemiringan sumbu bumi mengalami perubahan pula, walaupun tidak akan terasa dalam waktu 1 - 10 tahun. Tentu saja kemiringan bidang ekuator terhadap bidang ekliptika jiga mengalami perubahan, sehingga titik Aries tak akan tetap pada kedudukannya. Kalau pada 1950 letak titik Aries tepat pada rasi Aries sekarang titik Aries mendekati rasi Pisces dan 13000 tahun lagi titik Aries akan sampai ke rasi Libra setelah berturut-turut melalui Pisces, Aquarius, Capricornus, Sagitarius, dan Scorpio.

The Forgotten Theory..
source : Penuntun Pelajaran Geografi Berdasarkan Kurikulum 1984 untuk SMA (Ganeca Exact Bandung, 1986)
Why we make lots speculation about Nibiru, but we forget this one?
Written by Tezla, Posted by the other.

0 comments:

Post a Comment